Langsung ke konten utama

Era Baru Barcelona Di bawah Asuhan Ronald Koeman?

Setelah sekian lama FC Barcelona puasa trofi, akhirnya tadi malam 18 April 2021 klub asuhan Ronald Koeman tersebut berhasil memboyong piala Copa Del Rey musim 2020/2021 setelah menang dengan skor telak 4 - 0 atas Atletic Bilbao. Ini merupakan trofi yang sangat penting mengingat belakangan ini blaugrana mengalami musim musim yang sulit, pergantian pelatih, hingga pergantian presiden klub cukup membuat situasi ruang ganti Barcelona kurang kondusif. Ditambah tahun lalu sang mega bintang Lionel Messi mengugkapkan pada klub bahwa ia ingin meninggalkan FC Barcelona, tempat ia menempuh karir sejak berusia 12 tahun. Hal tersebut merupakan buntut dari kekecewaan Messi pada manajemen klub yang dipimpin oleh Bartomeu, banyak terjadi transfer pemain yang kurang begitu berguna bahkan berdampak buruk pada finansial klub. FC Barcelona merupakan klub dengan pendapatan terbesar di dunia namun dibawah kepemimpinan Bartomeu jumlah hutang yang harus dilunasi tergolong sangat besar. Dengan semua tekanan t

Pentingnya Digital Marketing Dalam Kewirausahaan

Halo Sobat Dunia Kampusdi zaman yang semakin maju seperti saat ini, kita harus bisa mengikuti dan beradaptasi dengan segala perubahan, khususnya di bidang teknologi. Internet dan teknologi digital telah tersebar luas di berbagai dunia hingga berubah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat dunia. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa internet dan teknologi digital telah mengubah dunia kita dan akan terus berkembang. Masa depan berbagai bidang pekerjaan akan didominasi oleh teknologi digital, salah satunya ialah bidang kewiraushaan.

            Dalam kewirausahaan, diperlukan adanya pemasaran atau marketing. Marketing dalam kewirausahaan merupakan bagian yang sangat penting karena tanpa itu produk atau jasa suatu perusahaan tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Marketing di tiap zaman berbeda beda penerapan dan medianya, seperti pada tahun 1450-an sebuah iklan yang disebarkan dalam bentuk cetak muncul untuk pertama kalinya, kemudian pada tahun 1741 majalah pertama kali diterbitkan di Philadelphia yang kemudian juga dijadikan sarana untuk melakukan marketing atau pemasaran meski belum terlalu banyak, lalu di tahun 1839 pemasaran produk dilakukan pertama kaliny melalui poster yang ditempel di gedung gedung kota London hingga menjadi sangat populer disana. Setelah itu poster berevolusi menjadi billboard atau papan iklan yang mulai disewakan pada tahun 1867. Hingga di tahun 1900-an pemasaran bukan hanya dilakukan di media cetak, melainkan dilakukan di media massa lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi pada masa itu, di tahun 1922 iklan mulai disiarkan melalui radio untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Kemudian di tahun 1941 untuk pertama kalinya iklan disiarkan di televisi. Iklan pertama tersebut ialah iklan jam dinding milik brand Bulova yang berhasil ditayangkan di 4000 televisi di Amerika Seritkat. Dua dekade kemudian tepatnya tahun 1973 telepon genggam muncul untuk pertama kalinya, diiringi dengan kemunculan Personal Computer pada tahun 1983 semakin mempermudah pembuatan iklan digital, koran dan majalah semakin mudah ditemukan. Pada tahun 1994 teknologi 2G dan SMS ditemukan yang kemudian menjadi sarana baru untuk marketing atau pemasaran. Saat itu internet dimanfaatkan para pengusaha untuk memasarkan produknya dengan cara mengirim email. Lalu di tahun 1995 internet mulai berkembang dengan pesat, kemunculan yahoo dan google semakin mempermudah konsumen dalam mencari produk dan juga menguntungkan produsen karena mereka bisa memasarkan produknya secara luas melalui internet. Diikuti oleh kemunculan berbagai sosial media pada tahun 2003-2012 semakin mempermudah kegiatan pemasaran, karena pengguna sosial media sangat banyak dan internet sudah semakin luas perkembangannya.

            Sampailah kita pada era saat ini, yaitu era revolusi industri 4.0 dimana teknologi berkembang sangat pesat, hampir semua orang punya smartphone, internet yang semakin cepat serta kegiatan jual beli dilakukan secara online. Strategi pemasaran pun semakin bervariasi, mulai dari iklan yang muncul di web hingga video yang dipublikasikan di media sosial menjadi hal yang sering kita jumpai saat ini. Sebagai wirausahaan penting untuk kita selalu beradaptasi dengan berkembangan teknologi supaya kita bisa mengikuti tren yang ada sehingga pemasaran yang kita lakukan tidak terkesan ketinggalan zaman dan tidak efektif. Karena strategi marketing yang baik ialah strategi yang efektif, tepat serta sesuai dengan perkembangan yang ada.

            Di Indonesia sendiri pengguna internet semakin banyak hingga mencapai 73% dari total penduduknya. Dimana 98% pengguna internet tersebut memang memiliki smartphone atau ponsel pintar. Pengguna gadget dan internet di Indonesia berkembang sangat cepat dibandingkan pertumbuhan penduduknya itu sendiri. Dengan fakta fakta tersebut, tentu itu menjadi peluang yang sangat bagus bagi wirausahawan untuk menjadikan media digital sebagai media pemasaran yang vital. Karena seiring berkembangnya teknologi, pola kehidupan masyarakat pun ikut berubah, mulai dari hal berkomunikasi hingga bertansaksi dalam jual beli, semua dilakukan secara digital atau online. Orang orang juga sudah jarang tertarik dengan billboard atau media konvensional lainnya, mereka lebih sering dan lebih suka melihat gadgetnya sehingga apa yang ada di dalamnya juga ikut menarik perhatian mereka. Karena rata rata waktu dalam mengakses internet di Indonesia sendiri mencapai 8 jam 36 menit. Apabila wirausahawan dapat memanfaatkan hal tersebut dalam memasarkan produknya tentu akan berdampak baik untuk kemajuan usahanya. Ditambah lagi dengan kemunculan pandemi covid-19 dimana mobilitas kita semua dibatasi tentu menambah jumlah waktu yang kita habiskan dalam mengakses internet. Aktivitas masyarakat sebagian besar dilakukan di dalam rumah, mulai dari bekerja hingga sekolah, semua dilakukan di rumah dengan cara terhubung ke internet. Seringkali di sela sela kesibukan, kita mengistirahatkan pikiran dan tubuh kita dengan menonton video di youtube atau sekadar membuka sosial media. Otomatis penggunaan sosial media yang sebelumnya sudah cukup sering kita lakukan pada masa sebelum pandemi, bertambah lagi insentitasnya.Oleh karena itu,wirausahawan harus memanfaatkan keadaaan tersebut dengan  melakukan Digital Marketing atau pemasaran digital dalam menawarkan serta mengiklankan produknya.

            Dalam melakukan Digital Marketing, kita harus bisa merancang strategi supaya produk atau jasa kita dapat dikenal oleh masyarakat luas serta dapat bersaing di pasaran. Diawali dengan situation analysis atau analisa situasi dimana kita perlu tau dimanakah posisi usaha kita, bagaimana penjualan kita di masyarakat serta seperti apa kepuasan pelanggan terhadap produk kita, serta bagaimana situasi keuangan kita. Setelah menyusun situation analysis, kita tentukan objective atau tujuan dari usaha kita, apa yang ingin kita capai, apakah kita ingin meningkatkan penjualan atau lain lain semua dilakukan di tahap ini. Setelah itu baru kita membicarakan strategi atau bagaimana caranya agar kita bisa mencapai tujuan tersebut, seperti menganalisa siapa target pasar yang ingin dituju atau segmentasi produknya mau seperti apa. Kemudian dilanjutkan dengan tactic dan action, dimana pada tahap ini kita mulai melakukan pemasaran dengan berbagai bekal yang sudah dipersiapkan pada tahap sebelumnya, pada bagian tactic kita membicarakan hal terkait media apakah yang akan digunakan, jam berapa iklan mulai dimunculkan hingga seberapa sering pemasaran yang akan dilakukan, selain itu juga diperhatikan bagaimana cara yang akan kita gunakan dalam berkomunikasi dengan pelanggan, apakah kita akan menarik pelanggan dengan cara mengadakan giveaway atau dengan cara lain, semua hal itu dibicarakan secara detail pada tahap tactic. Setelah itu baru pada bagian action kita mengimplementasikan rancangan rancangan tersebut. Dan setelah semua tahap itu dilakukan, kita juga harus melakukan control, yaitu bagaimana memantau atau memonitor kegiatan kita, apakah semua yang sudah dilakukan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, dan melihat apakah target yang diinginkan sudah tercapai atau belum. Apabila belum tercapai, maka kita harus mengulang lagi tahapannya karena dalam berbisnis kita tidak boleh mudah menyerah, dan kita dituntut untuk bisa berinovasi serta berimprovisasi dalam berbagai keadaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Film Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa Versi IMDB, Wajib Ditonton!

      Internet Movie Database (IMDB) merupakan database online yang bersisi mengenai informasi dalam dunia perfilman, video games, serial, dan lain lain. IMDB menjadi parameter banyak penggemar film dalam melihat kualitas film karena ratingnya yang akurat, kemudahan dalam mengakses IMDB juga menjadi alasan banyaknya penggemar film yang membuka situs tersebut. Lalu apa saja sih film yang mendapatkan rating tertinggi di situs ini? Yuk disimak! 1.      The Shawsank Redemption (1994) Kalau mimin ditanya film terbaik apa yang pernah ditonton, jawabannya ya The Shawshank Redemption, film ini bercerita mengenai seorang mantan Banker sukses yang tiba tiba dijebloskan ke dalam penjara karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap istrinya. Plot, dialog, dan pengambilan gambar dalam film ini sukses membuat mimin terkagum kagum. Bahkan menurut mimin, dari awal sampai akhir film tidak ada satupun scene  yang membosankan, semua dieksekusi dengan baik, pendalaman karakter dalam film ini juga sangat m

Mengenang Momen Ole Gunnar Solskjaer Membantu United Comeback Di Final UCL 1999

    Pertandingan sepak bola merupakan hal yang sulit untuk diprediski, apapun bisa terjadi disana. Keajaiban juga merupakan hal yang nyata  dalam sepak bola, salah satu keajaiban yang pernah terjadi di dunia sepak bola ialah pertandingan Final Liga Champions tahun 1999 yang mempertemukan Manchester Unted dengan Byern Munich, pertandingan yang digelar di stadion Camp Nou, Barcelona tersebut menciptakan memori tersendiri bagi penggemar United mapun Bayern, bagaimana tidak, Pertandingan sudah hampir usai dengan keunggulan Bayern dapat berubah dalam sekejap dan mengubur mimpi Bayern untuk bisa menjuarai Liga Champions yang ke-4 kalinya. Bagaimanakah hal tersebut bisa terjadi? Check This Out! Penggemar Manchester United pasti kenal dengan dia, yap Ole Gunnar Solskjaer atau yang dijuluki si Baby Face Assasin. Orang yang saat ini menjadi pelatih Manchester United ternyata dulunya pernah membawa timnya menjuarai Liga Champions namun bukan sebagai pelatih melainkan sebagai pemain. Pada tanggal